Logo Bisnis News

 

 

 

Home » Penerbangan » Menhub: Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Akan Meningkat 30 Persen

Senin, 16 April 2018 10:21 WIB

Menhub: Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Akan Meningkat 30 Persen

Menhub: Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Akan  Meningkat 30 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, bila pembangunan runway tiga, taxiway dan cargo village selesai tepat waktu, pada tahun 2025 Bandara internasional Soekarno Hatta bisa mengakomodir 100 juta penumpang.

"Bandara Soekarno Hatta akan meningkatkan kapasitas penumpang yang pada saat ini menampung 63 juta penumpang menjadi 100 juta penumpang lebih. Hal ini dapat meningkatkan jumlah penerbangan yang saat ini terdapat 81 penerbangan per-jam menjadi 114 penerbangan per-jam," jelas Menhub Budi saat meninjau proyek pembangunan East Connection Taxiway Tahap 1 dan proyek Runway 3, Minggu (15/4) di Bandara Soekarno Hatta.

Pembangunan east connection taxiway dan cargo village itu sendiri dilakukanini dilakukan untuk meningkkatkan kapasitas seiring terus meningkatnya kargo udara di bandara Soekarno-Hatta.

"Pada tahun 2025 kita harapkan kapasitas Bandara Soekarno-Hatta bisa menampung 100 juta penumpang. Peningkatan penerbangan yang terjadi lebih dari 30 persen. Dengan adanya tambahan ini maka take off dan landing bisa menjadi lebih cepat," pungkas Menhub Budi.

Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa penyelesaian pembangunan runway memakan waktu hingga 16 bulan.

"Untuk target penyelesaian runway adalah selama 16 bulan. Pembangunan dilakukan secara paralel dengan taxiway dan akan selesai pada Juli 2019. Saat ini pembangunan taxi way mencapai 10% dan sudah dimulai sejak 1 Desember. Sedangkan east connection taxiway akan selesai sekitar bulan April dan akan diverifikasi lalu final pada Juli 2019," jelas Awaluddin.

Pada kunjungan kerja ini, Menhub Budi didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso dan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. (Adhitio)

 

Berita Lainnya