Logo Bisnis News

 

 

 

Home » Agrobisnis » Menneg BUMN Rini Lakukan Penen Raya di Banyuwangi

Jumat, 06 April 2018 17:32 WIB

Menneg BUMN Rini Lakukan Penen Raya di Banyuwangi

Menneg BUMN Rini Lakukan Penen Raya di Banyuwangi
Menneg BUMN Rini M Soemarno menaiki traktor pemanen padi sebagai tanda dimulainya panen raya di desa Pondok Noko Banyuwangi, Jumat (6/4/2018). (foto BN/Ist)


Bisnisnews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Jumat (6/4/2018) melakukan kegiatan panen raya padi di Desa Pondok Nongko, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur dengan menaiki traktor pemanen padi (Combined Harvester).

Seluruh hasl panen dibeli oleh PT Pertani dengan harga yang menguntungkan, yaitu harga Rp 4.400 per kilogram. Dalam program itu para petani juga mendapat pendampingan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BNI sebesar Rp 9 juta per hektar.

Program Serap Gabah Petani merupakan inisiasi Kementerian BUMN yang dijalankan PT Pertani, PT Sang Hyang Seri, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dan PT Pupuk Indonesia, ditambah pendampingan selama masa tanam oleh Himpunan Bank Negara (Himbara).

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, melalui program ini, BUMN turun langsung menyerap gabah petani sebagao upaya agar petani mendapatkan harga gabah yang baik.

Dengan begitu, ungkapnya, petani bisa mendapatkan penghasilan yang cukup dan bisa menikmati hasil. Sehingga pada akhirnya bisa memberi kesejahteraan bagi petani dan keluarganya.

Pada kesempatan itu, Rini bersama 50 Petani anggota Kelompok Tani Sumber Kedawung, memanen 32 ton padi di atas area seluas empat hektar. Dimana setiap hektarnya menghaslka gabah kering sebanyak delapan ton. (Syam S)

Berita Lainnya